Apa yang harus kita lakukan saat Mimpi Basah saat Puasa Ramadhan



Apa yang harus kita lakukan saat Mimpi Basah saat Puasa Ramadhan , PERTANYAAN : 
Assalamua`alaikum. Mau nanya tadz, tapi radak-radak malu. Hehe... Mimpi basah di tengah hari apakah membatalkan puasa? Trus, sebelum sahur tiba mimpi basah apakah harus mandi besar dulu? Thanks jawabannya.

JAWABAN :
Wa’alaikum salam warohmatullah.
Mimpi basah bisa saja terjadi karena dorongan biologis yang kuat ataupun angan-angan yang terus menerus hinggap dalam benak kita. Tapi apapun sebabnya, seseorang tidak bisa mengontrol apakah dia akan mimpi basah atau tidak dalam tidurnya. Karenanya, keluarnya mani dalam mimpi basah termasuk hal yang tidak disengaja, sehingga para ulama bersepakat bahwa hal tersebut tidak membatalkan puasa. Artinya, puasanya tetap jalan terus. Tidak perlu mengqodho apalagi membayar kafaroh. Rasulullah SAW bersabda : Ada tiga hal, yang tidak membuat batal orang yang berpuasa :  berbekam, muntah, dan ihtilam (mimpi basah) “ (HR Tirmidzi)

Sebaliknya, jika seseorang sengaja mengeluarkan mani baik dengan tangan, maupun alat, atau bahkan dengan bantuan orang lain sekalipun itu istrinya, maka puasanya batal dan wajib diganti.
Mandi besar wajib dilakukan sebelum melakukan sholat, tidak ada kaitannya dengan puasa seseorang. Seseorang yang junub bisa tetap berpuasa tapi tidak untuk sholatnya.
Aisyah Radhiyallahu 'anha mengatakan : “ Pernah suatu pagi pada bulan Ramadhan Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berada dalam keadaan junub karena jima', bukan karena mimpi, lalu beliau berpuasa". [HR Bukhori Muslim].

Nah, ini artinya adik bisa makan sahur dahulu tanpa mandi besar. Bahkan sekalipun waktu shubuh menjelang dan belum mandi besar, puasanya pun tetap harus dilakukan alias tidak batal. Namun lebih baik bagi kita untuk menyegerakan mandi wajib agar bisa ikut sholat shubuh berjamaah di masjid.  Wallahu a'lam bisshowab.
Ingin ngobrol dengan saya ? Follow saya di Twitter @hattasy

Itulah jawaban tentang bagaimana kalau kita mimpi basah di dalam melaksanakan ibadah puasa, dan jawaban tersebut riantocha ambil dari berbagai sumber. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya, Amin.


Description : Apa yang harus kita lakukan saat Mimpi Basah saat Puasa Ramadhan
Rating : 9 of 10
Reviewer : Kata Cinta
ItemReviewed : Apa yang harus kita lakukan saat Mimpi Basah saat Puasa Ramadhan

0 komentar:

Post a Comment