Bacaan Doa-Doa Shalat Tarawih Pada Bulan Puasa Ramadhan Lengkap



Bacaan Doa-Doa Shalat Tarawih Pada Bulan Puasa Ramadhan Lengkap
Bacaan Doa-Doa Salat Tarawih Pada Bulan Puasa Ramadhan Lengkap, Solat tarawih niat, bacaan doa solat tarawih – Pada bulan suci ramadhan, seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia melakukan salat sunnah yang terdiri dari 8 rakaat dan 3 rakaat witir, yakni salat sunnah tarawih. Namun ada juga yang mengerjakan salat sunnah tarawih dengan 20 rakaat dan 3 rakaat witir. Adapun waktu pelaksanaan shalat taraweh adalah setelah shalat isya yang umumnya dilaksanakan secara berjama’ah di masjid maupun musholla.
Niat salat tarawih sebagaimana juga salat-salat yang lain cukup diucapkan di dalam hati, yang terpenting adalah niat hanya semata karena Allah Ta’ala semata dengan hati yang ikhlas dan mengharapkan Ridho Nya, apabila ingin dilafalkan jangan terlalu keras sehingga mengganggu Muslim lainnya, memang ada beberapa pendapat tentang niat ini gunakanlah dengan hikmah bijaksana.
Secara lengkap, niat salat tarawih 2 rakaat adalah:

أصلى سنة التراويحح ركعتين مأموما/إماما لله تعالى

“Ushalli sunnatat taraawiihi rak’ataini (ma’muman/imaaman) lillahi ta’aalaa”
” Aku niat Salat Tarawih dua rakaat ( menjadi makmum/imam) karena Allah Ta’ala”

Walaupun demikian, ada beberapa cara dalam mengerjakan salat Tarawih, salah satunya dengan formasi 2 kali 4 rakaat masing masing dengan sekali salam setiap selesai 4 rakaat. Oleh karena itu, dalam niat salat tarawih, niatnya disesuaikan menjadi “arbaa raka’ataini”.
Terdapat beberapa praktik tentang jumlah raka’at dan jumlah salam pada salat tarawih, pada masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam jumlah raka’atnya adalah 8 raka’at dengan dilanjutkan 3 raka’at witir. Dan pada zaman khalifah Umar menjadi 20 raka’at dilanjutkan dengan 3 raka’at witir. Perbedaan pendapat menyikapi boleh tidaknya jumlah raka’at yang mencapai bilangan 20 itu adalah tema klasik yang bahkan bertahan hingga saat ini. Sedangkan mengenai jumlah salam praktik umum adalah salam tiap dua raka’at namun ada juga yang salam tiap empat raka’at. Sehingga bila akan menunaikan tarawih dalam 8 raka’at maka formasinya adalah salam tiap dua raka’at dikerjakan empat kali, atau salam tiap empat raka’at dikerjakan dua kali dan ditutup dengan witir tiga raka’at.

Bacaan Bilal Shalat Tarawih Dan Doa Shalat Tarawih Lengkap Bahasa Arab dan Latin,
Bacaan Doa Shalat Tarawih- Bacaan Bilal shalat Tarawih. Marhaban Yaaa Ramadhan. Bulan suci ramadhan kini kembali tiba dan senantiasa kita melakukan puasa ramadhan serta shalat tarawih ba’da shalat Isya. Dalam pelaksanaan shalat tarawih terdapat seorang bilal. Nahhh… bagi Anda yang kebetulan mendapat tugas tersebut dan belum hafal bacaannya, berikut duniabaca.com share bacaan bilal shalat tarawih bahasa arab, bacaan bilal tarawih lengkap bahasa indonesia, serta bacaan doa shalat tarawih.
Bacaan bilal pada shalat tarawih mungkin akan berbeda pada setiap jama’ah. Namun demikian, masing-masing mempunyai pedoman. Bacaan bilal tarawih di bawah ini merupakan bacaan bilal shalat tawarih 20 rakaat + 3 rakaat shalat witir atau sering disebut bacaan bilal shalat tarawih 23 rakaat. Dimana pada setiap 4 rakaat shalat tarawih akan dibacakan bacaan bilal dan pada rokaat terakhir atau rakaat 20 shalat tarawih, maka akan membaca doa shalat tarawih, yang kemudian di susul dengan shalat witir 3 rakaat.

Bacaan pertama : ketika hendak melakukan shalat tarawih:

صلّواسنة التراويح ركعتين جماعة رحم كم الله،
اللهم صل على محمد (2ء)
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Bacaan Bilal Tarawih : Rakaat 1- 4

الخليفة الاولى امير المؤ منين سيدنا ابو بكر الصديق.
اللهم صل على محمد (2ء)
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Alkhooliifatul uulaa amiirul mu’miniina sayyiduna abuu bakri nissiddiikh
Allahumma sholli ‘alaa muhammad (2x)
Allhumma sholli ‘alaa sayyidinaa wamaulaanaa muhammad.
Bacaan Bilal Tarawih : Rakaat 5 – 8

الخليفة الثانية امير المؤ منين سيدناعمر ابن الخطاب.
اللهم صل على محمد (2
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Alkhooliifatuts tsaani amiirul mu’miniina sayyidunaa umar ibnu khottaab.
Allahumma sholli ‘alaa muhammad (2x)
Allhumma sholli ‘alaa sayyidinaa wamaulaanaa muhammad.
Bacaan Bilal Tarawih : Rakaat 9 – 12

الخليفة الثالثة اميرالمؤمنين سيدنا عثمان ابن عفان.
اللهم صل على محمد (2
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Alkhooliifatuts tsaalisata amiirul mu’miniina sayyidunaa usman ibnu affan.
Allahumma sholli ‘alaa muhammad (2x)
Allhumma sholli ‘alaa sayyidinaa wamaulaanaa muhammad.
Bacaan Bilal Tarawih : Rakaat 13 – 16

الخليفة الرابعة اميرالمؤمنين سيدناعلى ابن ابى طالب.
اللهم صل على محمد (2
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Alkhooliifatur raabi’ata amiirul mu’miniina sayyidunaa ‘ali ibnu abi thoolib.
Allahumma sholli ‘alaa muhammad (2x)
Allhumma sholli ‘alaa sayyidinaa wamaulaanaa muhammad.
Bacaan Doa Shalat Tarawih (Rakaat terakhir / 20)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ : اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ , اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ , اَللَّهُمَ اجْعَلْنَا بِاْلاِيْمَانِ كَمِلِيْنَ , وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْن . وَللِصَّلاَةِحَافِظِيْنَ , وَللِزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ , وَلِمَاعِنْدَكَ طَالِبِيْنَ , وَلِعَفْوِكَ رَاجِيِّنَ , وَبِاْلهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ , وَعَنِ اللَّغْوِمُعْرِضِيْنَ , وَفىِ الدُّنْيَازَاهِدِيْنَ , وَفىِ اْلاخِرَةِرَاغِبِيْنَ , وَبِالْقَضَاءِرَضِيْنَ , وَبِالنَّعْمَاءِشَاكِرِيْنَ , وَعَلىَ اْلبَلاَءِصَابِرِيْنَ , وَتَحْتَ لِوَءِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍصَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ , وَاِلىَ اْلحَوْضِ وَارِدِيْنَ , وَاِلىَ اْلجَنَّةِدَلخِلِيْنَ , وَمِنَ النَّارِنَاجِيْنَ , وَعَلَ سَرِيْرِاْلكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ , وَمِنْ حُوْرِاْلِعَيْنِ مُتَزَوِّجِيْنَ , وَمِنْ سُنْدُ سٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَّدِيْبَاحٍ مُتَلَبِّسِيْنَ , وَمِنْ طَعَامِ اَلجَنَّةِ آ كِلِيْنَ وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًى شَارِبِيْنَ , بِاَكْواَبٍ وِّاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِنْ مَعِيْن , مَحَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِْدِّ يْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِوَالصَّلِحِيْنَ , وَحَسُنَ اُولَئِكَ رَفِيْقًا , ذَلِكَ اْلَفَضْلُ مِنَ الله وَكَفىَ بِاللهِ عَلِيْم ً , اِنَّ الله وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِيّ يَاَيُّهَاالَّذِ يْنَ اَمَّنُواصَلُّواعَلَيْهِ وَسَلِّمُوْاتَسْلِيْمَا وَصَلَّى الله عَلَ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَّعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَاْلحَمْدُ لله رَبِّالْعَالَمِيْن .

Kemudian dilanjutkan dengan Shalat Witir 3 Rakaat.
Bacaan bilal shalat witir 2 rakaat.

صلوا سنة الوتر ركعة جماعة أثابكم الله

Bacaan bilal shalat witir 1 rakaat.

صلوا سنة الوتر ركعة مع القنوت أثابكم الله



Note:
* Pada prakteknya, bacaan bilal tarawih tidak harus pada rakaat-rakaat seperti diatas.  Jadi sesuaikan saja dengan lokasi Anda (bagaimana umumnya)
* Bacaan bilal witir yang terakhir (disertai qunut) biasanya setelah tanggal 15 ramadhan atau 10 hari terakhir ramadhan.

 Sumber : id.wikipedia.org dan berbagai sumber lain.


Description : Bacaan Doa-Doa Shalat Tarawih Pada Bulan Puasa Ramadhan Lengkap
Rating : 9 of 10
Reviewer : Unknown
ItemReviewed : Bacaan Doa-Doa Shalat Tarawih Pada Bulan Puasa Ramadhan Lengkap

0 komentar:

Post a Comment