Khasiat Cabai Rawit Untuk Kesehatan



Riantocha tentang - Khasiat Cabai Rawit Untuk Kesehatan, khasiat cabe rawit download, aneka khasiat cabai rawit, tanaman cabe rawit, budidaya cabe rawit, cabe rawit picture, cabe rawit menunggu, cabe rawit advertising, khasiat cabe merah.


Cabai memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat asia. Hampir sebagian besar menu masakan yang berasal dari Asia Pasifik mengandung cabai, baik sebagai bahan utama maupun bahan pelengkap. Sebut aja kari. Makanan berkuah pedas itu merupakan menu masakan asli kreasi bangsa asia, berbahan dasar daging desertai kuah kental yang dibuat dari ribuan biji cabai. Rasa kari yang menyegarkan membuatnya tersohor dimana-mana. Bangsa Jepang menyebutnya Kare, di indonesia dikenal dengan kari sedang masyarakat barat menamainya Curry. Kepopuleran kari bisa jadi disebabkan oleh si mungil cabai yang rasanya dahsyat.

Tanaman tropis yang memiliki nama latin Capsicum frutescens ini mudah tumbuh di mana saja tanpa perlu perawtan khusus, akan tumbuh lebih subur di daerah yang beriklim tropis. Maka dari itu, cabai banyak di temukan di daerah asia dan sekitarnya. Terklasifikasi ke dalam dua kelompok, yakni cabai dan cabai rawit. Cabai rawit umumnya berukuran lebih kecil dari cabai biasa, memiliki warna yang lebih pekat serta rasa yang lebih pedas dan panas.

Selain digunakan sebagai rempah pelezat makanan, Khasiat Cabai Rawit juga digunakan untuk kepentingan lain, seperti kesehatan, kerajinan tangan, bahkan aktifitas bisnis.

Adapun Khasiat Cabai Rawit Untuk Kesehatan adalah :

1. Sebagai Anti-Oksidan

Era global membawa berbagai perubahan pada kehidupan kita. Terpenuhinya akses komunikasi dunia global, semakin tipisnya jarak antar satu belahan dunia ke belahan lainnya serta semakin terbukanya informasi. Tetapi tentun saja, perkembangan globalisasi membawa arus negatif, terutama kepada eksistensi kesehatan kita.

Maraknya pasar global merangsang perkembangan industri di seluruh dunia. Menciptakan ribuan ton kepulan asap, debu, zat-zat kimia yang perdetiknya mampu membunuh sekian nyawa. Udara terkotori, air tercemari, tanah tak lagi sebersih dulu. Karena yang terserang adalah udara, maka yang pertama kali menikmati imbasnya adalah seluruh makhluk hidup yang memanfaatkan udara untuk berespirasi, termasuk manusia, hewan dan tumbuhan. Berbagai varietas virus baru terpicu untuk terus berevolusi, menjadi kian ganas dan berbahaya. Penyakit-penyakit kronis semakin wajar ditemui.

Tersebutlah Anti-Oksidan. Zat ajaib yang mampu menangkal radikal bebas akibat perkembangan dan kemajuan teknologi, penghalang virus, pembunuh kuman mematikan. Anti-Oksidan umumnya terkandung dalam buah dan sayuran berwarna pekat. Cabai rawit merupakan salah satu sayuran yang mengandung anti-oksidan tinggi. Sehingga apabila kita mengkonsumsi cabai rawit dengan benar dan secara teratur kita akan dapat merasakan Khasiat Cabai Rawit Untuk Kesehatan, mengurangi resiko kita terserang penyakit fatal, seperti kanker, tumor, serangna jantung dan lainya.

2. Penyembuh Reumatik

Keberadaan solanine, solamidine, solamargine, solasodine, solasomine, dan steroid saponin (kapsisidin) dalam cabai rawit akan menciptakan sebuah sistem imun yang dapat menagkal radikal bebas. Zat-zat itu juga terbukti dapat menyembuhkan penyakit reumatik

Rheumatik adalah efek negatif yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Gangguan auto-imun terjadi ketika virus berhasil melumpuhkan sistem ketahan tubuh dan menyeral anggota dan jaringan tubuh sendiri. Penderita reumatik biasanya mengalami kekakuan pada sendi-sendinya secara simetris, kemudian diiringi oleh nyeri yang teramat sangat ketika bagian tubuh terntu digerakan.

Para ahli hingga saat ini belum menemukan penyebab pasti penyakit yang dalam bahasa medisnya disebut rheumatoid arthritis (RA) ini, mereka hanya menyebutkan langkah-langkah pencegahan. Dan salah satu yang termudah adalah dengan mengkonsumsi cabai rawit.

Caranya adalah dengan menggiling beberapa batang cabai rawit, kemudian diseduh dengan campuran kapur sirih dan jeruk nipis. Balurkan ramuan tersebut ke bagian-bagian tubuh yang kaku terserang reumatik.
 
3. Pereda Sakit Perut

Ternyata mitos yang mengatakan mengkonsumsi cabai rawit akan menyebabkan sakit perut berkepanjangan adalah bohong, sama sekali tidak benar. Karena menurut para ahli zat-zat anti-oksidan yang terkandung justru  sangat berguna untuk meredakan sakit perut.

Tetapi perlu digaris bawahi, bahwa sakit perut yang dapat disembuhkan oleh Khasiat Cabai Rawit bukanlah sakit perut yang diakibatkan oleg gejala mag. Apabila anda pengidap mag, kemudian anda mengkonsumsi cabai, mag anda dijamin akan semakin menjadi-jadi.

Adapun cara untuk mengkonsumsi cabai rawit untuk meredakan sakit perut adalah dengan meniriskan beberapa bagian biji cabai, tanpa kulit buahnya. Keringkan kemudian giling. Serbuk cabai tersebut baik anda konsumsi setelah makan, jangan sebelum makan karena akan berbahaya untuk lambung anda serta dapat meningkatkan produksi asam lambung anda.

Demikianlah ulasan mengenai Khasiat Cabai Rawit Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat sebagai refernsi anda dalam menemukan herbalitas terbaik. Ingatlah untuk tidak mengkonsumsi Cabai Rawit secara berlebihan, karena hasil yang maksimal hanya akan anda dapatkan dengan mengkonsumsi porsi yang tepat.




Description : Khasiat Cabai Rawit Untuk Kesehatan
Rating : 9 of 10
Reviewer : Kata Cinta
ItemReviewed : Khasiat Cabai Rawit Untuk Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment