Tips Cara Meningkatkan Daya Ingat



Tips Cara Meningkatkan Daya Ingat, Cara meningkatkan daya ingat otak. Pasti kesal rasanya bila telah lupa sesuatu atau daya ingat kurang tajam disaat-saat kita memerlukannya. Kadang hal yang sepele seperti lupa menaruh kunci bisa mempengaruhi emosi kita sepanjang hari. Lupa menaruh kunci motor/mobil membuat kita terlambat berangkat ke sekolah atau kantor, akibatnya kita mendapat teguran atau lebih menyakitkan lagi mendapatkan sangsi. Tidak jarang juga pada saat ujian, materi yang sudah dihafalkan semalaman lupa begitu saja setelah kita menghadapi kertas soal.
Seperti halnya otot yang akan semakin kuat dan besar jika mendapat nutrisi cukup serta latihan yang tepat dan intensif, otak juga demikian kalau nutrisi untuk otak terpenuhi ditambah dengan tehnik-tehnik khusus untuk meningkatkan daya ingat maka kemampuannya semakin bertambah dan dapat diandalkan sewaktu-waktu dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat otak.

1. Jangan menjejalkan informasi secara maraton
Kebanyakan siswa melakukan hal ini, biasanya mereka belajar semalaman sebelum ujian. Lebih baik belajarlah dalam beberapa sesi dan teratur. Belajar dengan cara mencicil materi yang akan dipelajari membuat otak bisa memproses informasi dengan baik dan membuatnya bisa beristirahat.
Diawal kita menganalogikan otak seperti otot yang bila diolahragakan bisa menjadi kuat. Kebanyakan orang akan mampu berlari sejauh sepuluh kilometer kalau diselingi istirahat.  Kalau anda bukan seorang atlet yang memang sudah terlatih sebelumnya, sebelum lari maraton sejauh sepuluh kilometer tanpa istirahat saran saya bawalah handphone untuk menelpon ambulans sebelum anda pingsan.
Saat kita ingin meningkatkan daya ingat untuk mengingat lebih banyak informasi lakukan dengan cara belajar sedikit demi sedikit sehingga memberikan waktu bagi otak untuk istirahat dan memproses informasi.
2. Hubungkan informasi baru dengan hal yang sudah diketahui
Saat mempelajari sesuatu yang baru, cobalah untuk mengkaitkannya dengan sesuatu yang sudah anda ketahui sebelumnya. Hubungan gagasan lama dengan yang baru akan membentuk alur ingatan yang jika anda lupa sepotong informasi yang baru anda pelajari maka bisa digali dari informasi lama yang telah dihubungkan dengan informasi baru tersebut. Semakin banyak hubungan antara informasi lama dengan informasi baru maka saat kita lupa lebih mudah untuk menggalinya.
3. Meningkatkan daya ingat dengan mengajarkan kepada orang lain.
Penelitian menunjukkan bahwa membaca dengan suara keras secara signifikan meningkatkan memori material. Anda dapat menggunakan pendekatan ini dengan cara mengajarkan konsep-konsep dan informasi baru pada teman atau partner belajar. Jelaskan pada teman anda mengenai konsep tersebut, saat terjadi tanya jawab maka secara otomatis anda melibatkan logika yang juga membantu dalam meningkatkan daya ingat.
4. Hemat penggunaan otak
Untuk meningkatkan daya ingat, yang dimaksud dengan menghemat penggunaan otak ini bukannya menyarankan untuk lebih sedikit menggunakan otak tetapi ini dilakukan apabila kita akan menggunakannya untuk pekerjaan berat. Gunakan catatan, skema, pengingat, grafik sebagai pengungkit untuk mempermudah mengingat sesuatu.
5. Tantang diri anda sendiri
Libatkan anda dalam hal-hal baru seperti berekreasi ketempat wisata yang asing, mencoba resep baru, mendiskusikan buku, belajar mengoperasikan program komputer baru dan hal-hal lainnya yang tidak biasa bagi anda. Mempelajari hal baru akan meningkatkan daya ingat dengan cara meningkatkan skil konsentrasi.
6. Visualisasi
Gunakan gambar untuk meningkatkan daya ingat jika gambar tidak ada misalnya saat membaca textbook tebal maka bayangkan apa yang sedang anda pelajari dalam pikiran. Tambahkan suara, warna dan gerakan yang jelas saat membayangkan apa yang sedang anda pelajari. Semakin jelas bayangan maka akan semakin mudah untuk diingat.
Cara meningkatkan daya ingat diatas prinsip kerjanya meniru proses terbentuknya memori jangka panjang meskipun tidak sesederhana demikian tetapi kalau kita secara sengaja melakukan hal itu maka informasi bisa disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama sehingga lebih mungkin untuk disimpan sebagai memori jangka panjang.




Description : Tips Cara Meningkatkan Daya Ingat
Rating : 9 of 10
Reviewer : Kata Cinta
ItemReviewed : Tips Cara Meningkatkan Daya Ingat

0 komentar:

Post a Comment