Kumpulan Kata Bijak Dalam Bahasa Jawa Terbaru 2013



Kumpulan Kata Bijak Dalam Bahasa Jawa Terbaru 2013
Kumpulan Kata Bijak Dalam Bahasa Jawa atau kata bijak bahasa jawa yang halus, Kata Kata Bijak Bahasa Jawa Pada hakekatnya setiap manusia itu membutuhkaan nasehat, olehkarenanya kata bijak selalu di cari, karena dalam kata bijak terdapat nasehat-nasehat hidup untuk para generasi muda. Riantocha akan berbagi artikel  yang berisi berita terkini akan menyajikan kumpulan katakata bijak bahasa jawa.

Riantocha kebetulan adalah orang jawa, dan di zaman modern ini kebudayaan jawa terasa terjajah oleh zaman tergantikan oleh budaya modern. Alangkah baiknya anda *khususnya orang jawa juga membaca kata kata bijak bahasa jawa dibawah ini
dan melestarikanya ,karena selain bisa digunakan untuk tuntutan hidup anda juga telah melestarikan budaya jawa dengan cara ini.
Bersumber dari berbagai buku, kami telah merangkum Kata kata bijak bahasa jawa:
  1. “Tansah ajeg mesu budi lan raga nganggo cara ngurangi mangan lan turu”. Artinya Kurangi makan dan tidur yang berlebihan agar kesehatan kita senantiasa terjaga.
  2. “Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang sukmo”. Artinya Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan.
  3. “Ambeg utomo, andhap asor”. Artinya Selalu menjadi yang utama tapi selalu rendah hati.
  4. “Ora kena nglarani”. Artinya Jangan melukai orang lain.
  5. “Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati”. Artinya Kita bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat.
  6. “Ala lan becik iku gegandhengan, Kabeh kuwi saka kersaning Pangeran”. Artinya Kebaikan dan kejahatan ada bersama-sama, itu semua adalah kehendak Tuhan.
  7. “Manungsa mung ngunduh wohing pakarti”. Artinya Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri.
  8. “Narimo ing pandum”. Artinya Menerima segala rintangan dengan ikhlas.
  9. “Adigang, adigung, adiguno “. Artinya jaga kelakuan, jangan somobong dengan kekuatan, kedudukan, ataupun latarbelakangmu.
  10. “Urip kang utama, mateni kang sempurna”. Artinya Selama hidup kita melakukan perbuatan baik maka kita akan menemukan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya.
  11. “Mohon, mangesthi, mangastuti, marem”. Artinya Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama.
  12. “Alam iki sejatining Guru”. Artinya Alam adalah guru yang sejati.
  13. “Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan”. Artinya Tuhan itu dekat meski kita tubuh kita tidak dapat menyentuhnya dan akal kita dapat menjangkaunya.
  14. “Memayu hayuning pribadi; memayu hayuning kulawarga; memayu hayuning sesama; memayu hayuning bawana”. Artinya berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesama manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia.
  15. “Natas, nitis, netes”. Artinya Dari Tuhan kita ada, bersama Tuhan kita hidup, dan bersatu dengan Tuhan kita kembali.
  16. “Aja mbedakake marang sapadha-padha”. Artinya Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia.
  17. “Rela lan legawa lair trusing batin”. Artinya Ikhlas lahir batin.
Kata Kata Bijak Bahasa Jawa diatas adalah kumpulan petuah-petuah da nasehat-nasehatdari para pendahulu kita kepada generasi yang sekarang. Kami berharap semoga artikel mengenai kata-kata bijak bahasa jawa ini bsia bermanfaat untuk anda semua.
Sobat Riantocha juga bisa turut serta berpartisipasi menyebarkan kata kata bijak bahasa jawa ini dengan men share artikel ini di jejaring sosial, baik itu facebook, twitter maupun google plus. Sekian dan selamat membaca artikel  kumpulan kata kata bijak bahasa jawa.

Artikel ini ocha ambil dari berbagai blog dari teman sahabat, buat sahabat ocha makasih yah sudah luangkan waktu untuk membaca Kumpulan Kata Bijak Dalam Bahasa Jawa. Mudah mudahan bisa bermanfaat untuk para sahabat, dan yang ingin gabung dengan ocha di facebook bisa langsung Klik LIKE di kolom bawah ini.


Description : Kumpulan Kata Bijak Dalam Bahasa Jawa Terbaru 2013
Rating : 9 of 10
Reviewer : Unknown
ItemReviewed : Kumpulan Kata Bijak Dalam Bahasa Jawa Terbaru 2013

2 komentar:

Java Tivi said...

maturswun... :)

Unknown said...

numpang naro link ya mbak ocha
http://dekorbaloncho.blogspot.com

Post a Comment