Tips Mengatasi Rasa Ngantuk saat Puasa



Riantocha tentang - Tips Mengatasi Rasa Ngantuk saat Puasa, rasa ngantuk yang berlebihan, mengatasi rasa ngantuk, cara tips menghilangkan rasa ngantuk, cara menghilangkan rasa ngantuk saat belajar, menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja.

Rasa malas, lemas dan sering ngantuk kerap sekali kita rasakan saat menjalankan ibadah puasa. Sebenarnya apa penyebab utama mengantuk saat puasa? dan bagaimana cara menghilangkan atau mengatasi rasa ngantuk ketika puasa?
Berikut adalah tips yang dapat Anda amalkan untuk menghilangkan hawa ngantuk selama puasa, sehingga puasa tidak menjadia satu alasan bagi kita untuk bermalas-malasan menjalankan aktivitas seharian kita.
Seperti dilansir dari laman Tribunnews, Rosihan Anwar, ahli gizi dari Poltekes Banjarmasin menjelaskan penyebabnya selain kurang tidur asupan glokusa untuk otak pada orang berpuasa mulai menurun menjelang siang

Nah, seharusnya otak memerlukan sekitar 60% pasokan glukosa itu. “Saat berkurang jumlahnya membuat kita ngantuk,” jelas Rosihan dalam diskusinya di grup facebook Gerakan Sadar Gizi.
Pramono, ahli gizi yang lain menjelaskan teorinya mengapa kita mengantuk yakni ada sel otak yang disebut astrocyte sebagai bahan pendorong untuk tidur dengan mengeluarkan adenosine.
Zat itu merupakan bahan kimia yang menimbulkan efek mengantuk .Makin lama manusia atau binatang terjaga, makin besar rasa kantuk. Hal ini disebut yang menyebabkan mengantuk (tekanan untuk tidur).
Bagaimana mengatasinya? Menurut Rosihan, kiat nya adalah anda tidur lebih awal. Kemudian saat sahur konsumsi karbohidrat kompleks lebih banyak karena membantu memperlambat pengosongan lambung. Lebih baik hindari makan kekenyangan serta jangan tidur habis shalat subuh.




Description : Tips Mengatasi Rasa Ngantuk saat Puasa
Rating : 9 of 10
Reviewer : Kata Cinta
ItemReviewed : Tips Mengatasi Rasa Ngantuk saat Puasa

1 komentar:

Post a Comment